Seperti
diketahui umum banyak masalah komplen atas ford fiesta produksi awal
2010 tentang steering rack dan gearbox matic nya. Rata-rata pabrikan
saat ini menerapkan pada umumnya long life oli matic sampai 100.000 km.
Anda bisa lihat buku servis/pedoman pemilik yang ada. Itu patokan secara
umum.
Padahal dalam kenyataan nya oli harus diganti sebelum 100
ribu kilometer sebaiknya. Guna mendapatkan usia pakai matik yang panjang
dan enak saat dalam pemakaian sehari-hari.
Rata-rata oli matik
baik tipe ATF, Dual clutch, CVT dll sebaiknya di periksa kondisi bau,
warna dan respon nya setelah 25 ribu km. Apabila ada dana dan suka
mendapatkan kondisi kendaraan yang prima, maka sebaiknya setiap 25.000
km dilakukan flushing /ganti oli matik tersebut. Apalagi kalau dari baru belum pernah diganti, biasanya kotoran berupa serpihan kecil gramm akan terlihat.
Untuk
ford fiesta anda sebaiknya berkonsultasi ke bengkel rekanan/resmi Ford
yang ada, dan
menanyakan nya. Apabila tidak bisa karena sesuatu sebab,
maka anda bisa menghubungi kami untuk proses penggantian oli matik Dual
clutch Ford Fiesta tersebut. Khusus ford fiesta, sistem Dual clutch
sebenarnya adalah kopling manual yang menggunakan 2 kampas kopling dan
digerakkan oleh solenoid/akumulator untuk shifting up & down.
Mengadopsi teknologi seperti Dual clutch milik Audi VW. Dan oli matik
fiesta tidak memiliki pendingin/oil cooler seperti atf pada umumnya.
Dalam
kasus ini biasanya oli matik dual clutch berwarna bening sedikit semu
kuning. Dan apabila sudah berwarna hitam seperti oli mesin, anda tahu
sendiri bagaimana prosesnya. Di halaman ini and bisa lihat foto asli dari oli transmisi ford fiesta yang sudah menempuh 80 ribu km+.
Review setelah penggantian akan
didapatkan perpindahan gigi yang lebih halus, respon dari rpm rendah
maupun atas lebih smooth dan enak dipakai.
Gejala kerusakan matik
lebih cepat terjadi karena panas dan sering stop and go di Indonesia.
Biasanya yang menanggung kerusakan lebih sering pihak kedua yaitu
pembeli mobil bekas. Pemilik pertama mendapat enaknya seperti biasa.
Dan oli transmisi matik yang tidak pernah
diganti akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa terjadi, serta
susah ditebak dan menjadi alasan yang agak sulit untuk melakukan Claim
garansi apabila jadwal servis penggantian terlalu lama. Untuk itulah
bengkel langganan tempat anda biasa servis dan dapat dipercaya bisa
melakukan pemeriksaan awal akan Bau, Warna dan respon kerja transmisi
tersebut. Demikian pun beberapa tipe mobil juga rawan terjadi kerusakan
matik dan sialnya overhaul kit tidak tersedia, dalam artian harus
diganti utuh full gearbox. Biayanya sangatlah fantastis.
sebagai contoh toyota Alphard Anh20 CVTF gearbox dan Alphard steering problems.
Ingat : kerusakan transmisi matik bukan biaya murah sejuta duajuta.
selamat berkendara dan bijak dalam memelihara kendaraan anda.
Vspeed Bsd
+6285100918188
No comments:
Post a Comment
Silahkan comment dengan sopan. Terima kasih.