Thursday, February 26, 2015

Ground Wire Custom upgrade addon or Restorasi kabel mobil

Ground wire digunakan secara hampir 100% oleh pabrikan mobil di dunia karena menganut ground massa body kendaraan minus (negatif). Secara garis besar, untuk kepala aki plus (positip) akan menyuplai langsung komponen kendaraan yang membutuhkan arus & tegangan dengan pengaman sikring atau fuse blok secara umum. Untuk bagian negatif biasanya dilakukan via body kendaraan tersebut karena dari terminal utama aki biasanya langsung dikopel/disambung ke body metal pelat kendaraan dan dianggap sebagai referensi massa / ground /minus/earth.



Body mobil yang terdiri dari pelat besi akan menyalurkan seluruh kebutuhan supply Negatip/minus sumber utama (aki). Arus / current bergerak dari arah positip (plus) ke arah Negatip (minus).
Grounding ini banyak dibutuhkan terutama saat kabel utama yang mencatu aki (khususnya minus) sudah dimakan usia tua, oksidasi, bahkan berkarat terkena hawa ataupun cairan air aki.
Untuk setiap kendaraan kabel Ground utama aki berbeda-beda, tergantung kebutuhan arus setiap kendaraan. Mobil diesel biasanya memiliki kabel ground maupun positip yang lebih besar diameter dan ukurannya dibandingkan mobil bensin/gasoline. Karena mobil diesel butuh tenaga lebih besar saat stater awal dibandingkan mobil bensin.

Beberapa merk kendaraan dibekali kabel Ground yang relatif kecil, meskipun secara kasat mata terlihat agak kecil dan irit dibandingkan type dan ukuran sejenisnya. Contoh honda jaz* (dan beberapa varian hond*), coba lihat ukuran kabel ground yang dibekali standar-nya. Agak kecil dan hemat. Tetapi sejak baru memang tidak ada masalah dengan kabel tersebut, bahkan usia tua sudah terpakai 10 tahun juga tidak masalah, masih bisa stater tokcer, tergantung perawatan.
Nah Upgrade custom Ground wire kabel ini digemari kalangan muda dan pecinta otomotif. Banyak stigma yang beredar menyebutkan bahwa Ground wire akan meningkatkan performa kendaraan. Benar kah ?? Bisa dibilang Benar, bisa juga tidak. Benar karena fungsi dari Ground tersebut meningkatkan koneksi dalam artian menurunkan tingkat resistansi kabel. Bila koneksi dalam sirkuit sensor menjadi makin baik maka unjuk kerja pembacaan signal akan makin bagus sehingga performa akan sedikit terkoreksi. Tidak dalam artian apabila desain mesin memiliki daya keluaran 80Hp, maka pemasangan ground wire tidak akan meningkatkan peforma mesin menjadi 85 HP. Kecuali bila mesin diupggrade dengan turbo baru bisa signifikan meningkatkan dayanya.

Jadi kesimpulan ground wire hanya menyempurnakan kinerja performa sirkuit elektrik, dan apabila ada peningkatan itu dikarenakan koreksi deviasi komponen standard mobil. Itupun masih dipengaruhi faktor lain, seperti kualitas asal standard kabel2nya, alternator normal atau tidak. Secara umum selama ini pemasangan cukup baik hasilnya. Terutama mobil transmisi matic yang butuh signal sensor referensi. Bahkan sering kami temui kepala aki yang sudah rusak, kendor, tidak baik baut koneksinya. Desain dan kualitas kabel ground wire juga disesuaikan dengan type mesin yang akan dipasang. Anda butuh ground wire atau mengalami masalah dengan kelistrikan mobil anda ? silahkan call dan datang ke bengkel kami. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment dengan sopan. Terima kasih.