Monday, February 9, 2015

Dampak Banjir pada Kendaraan anda dan Waspadalah




Banjir menyerang DKI Jakarta beberapa hari terakhir. Curah hujan yang deras dan berlangsung selama 2 hari membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Usahakan kendaraan anda segera di periksa kondisi nya.
Baik itu karpet dasar yang bisa basah karena hempasan riak air dari luar/bawah mobil yang masuk melalui jalur lubang kontrol dek bawah kabin. Lambat laun bekas bawah di karpet akan membuat bau yang tidak enak dikarenakan jamur dan bakteri yang berkembang biak.

Selain itu apabila kendaraan anda memiliki gardan belakang/depan, juga diperiksa, karena untuk air bisa masuk ke lubang saluran hawa/breather gardan.
Apabila sudah waktunya ganti oli gardan, sebaiknya sambil diperiksa juga langsung diganti guna kenyamanan dan kepastian.
Bagian roda, sistem rem terutama yang bisa rusak karena air kotor dan karat bila agak lama terendam air banjir. Terutama bila mobil sudah berumur dibawah 5 tahun, dan belum pernah dilakukan pengecekan sistem rem, sebaiknya sekaligus dilakukan pengecekan dan melakukan flushing/ganti minyak rem sekalian dan servis bagian piston rem, cek kaliper, kampas dsbnya. Bagian piston rem ini yang sering rusak/berkarat di bagian dalam karena kotoran dan terlambat diketahui. Seringkali harus juga dilakukan ganti Seal kit kaliper rem yang sudah rusak, keras, dsb.
Ingat sistem rem adalah demi Keamanan dan keyakinan anda saat berkendara di jalan.
Juga jangan menghidupkan kendaraan apabila diragukan air sudah masuk ke bagian mesin/silinder head (piston), hal ini makin memperparah kerusakan mesin karena bisa water hammer. Stang seher bengkok/blok mesin pecah adalah resikonya. Contohnya apabila terjebak dalam banjir dan kendaraan berjalan terus kemudian mendadak mesin mati dan melihat permukaan air sudah mencapai setengah bodi mobil. mendekati jendela kaca, maka sebaiknya biarkan saja, usahakan di dorong ke pinggir dan mencari mobil derek untuk langsung di kirim ke bengkel guna pengecekan lanjutan.
Silahkan hubungi kami apabila butuh jasa untuk pengecekan pasca banjir dan butuh mobil derek untuk pengiriman sekaligus. Terima kasih. salam. Vspeed BSD.

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment dengan sopan. Terima kasih.